Unsur-unsur Interpretasi Citra

Unsur-unsur Interpretasi Citra

Postingan ini diperbarui 27 Oktober 2021

Penginderaan jauh merupakan ilmu yang mempelajari objek di permukaan bumi secara tidak langsung, dimana pengukuran atau akuisisi data dari sebuah objek atau fenomena oleh sebuah alat yang tidak secara fisik melakukan kontak dengan objek tersebut atau akuisisi data dari sebuah objek atau fenomena oleh angkasa, satelit, kapal atau alat lain.

Interpretasi citra merupakan perbuatan mengkaji foto udara atau citra dengan maksud untuk mengidentifikasi objek menilai arti pentingnya objek tersebut (Este dan Simonett, 1975).

Unsur-unsur interpretasi citra yaitu, rona dan warna, bentuk, ukuran, tekstur, pola, bayangan, situs, asosiasi, dan konvergensi bukti.

Berikut penjelasan singkatnya.


Unsur-unsur Interpretasi Citra

1. Rona dan Warna

Rona atau tone merupakan unsur yang tingkat kecerahanatau kegelapan suatu objek yang terdapat pada foto udara atau pada citra lainnya. Pada foto udara berwarna, rona sangat dipengaruhi oleh spektrum gelombang elektromagnetik yang digunakan, misalnya menggunakan spektrum ultra violet, spektrum tampak, spektrum infra merah dan lain-lain.


2. Bentuk

Bentuk adalah unsur yang terdapat pada foto udara yang di konfigurasi atau kerangka suatu objek. Bentuk merupakan ciri yang jelas, sehingga banyak objek yang dapat dikenali hanya berdasarkan bentuk saja.


3. Ukuran 

Ukuran merupakan unsur yang mempunyai ciri objek berupa jarak, luas, tinggi lereng dan volume. Ukuran objek pada citra berupa skala, karena itu dalam memanfaatkan ukuran sebagai interpretasi citra, harus selalu diingat skalanya.


4. Tekstur

Tekstur merupakan usnur yang frekuensi perubahan rona pada citra. Dimana pengulangan pada rona kelompok objek yang terlalu kecil untuk dibedakan secara individual.


5. Pola

Pola adalah unsur yang berciri menandai bagi banyak objek bentukan manusia dan bagi beberapa objek alamiah.


6. Bayangan

Banyangan merupakan unsur yang bersifat menyembunyikan detail atau objek yang berada di daerah gelap. Walaupun begitu, bayangan juga dapat merupakan kunci pengenalan yang penting bagi beberapa objek yang justru dengan adanya bayangan menjadi lebih jelas.


7. Situs

Situs adalah unsur yang letak objek terhadap objek lain di sekitarnya.


8. Asosiasi

Asosiasi merupakan unsur yang keterkaitannya antara objek yang satu dengan objek yang lainnya.


9. Konvergensi Bukti

Konvergensi bukti merupakan unsur yang penggunaan unsur interpretasi citra sehingga lingkupnya menjadi semakin menyempit ke arah kesimpulan tertentu.

Baca juga: Interpretasi Citra menggunakan Software ENVI 5.3 (Laporan Praktek PJ)


Sumber:

Bidang Mesin dan Teknik Industri. 2013. Buku Ajar Dasar-dasar Penginderaan Jauh. Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan. Bandung.

Estes, J. E., Jensen, J. R., & Simonett, D. S. 1980. Impacts of remote sensing on US geography. Remote Sensing of Environment, 10(1), 43-80.


Salam Lestari,
Lamboris Pane

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel